Home » , » Pura Tirta Empul Tampaksiring

Pura Tirta Empul Tampaksiring

PURA TIRTA EMPUL TAMPAKSIRING

Pura Tirta Empul terletak di desa Manukaya Kecamatan Tampaksiring Kabupaten Gianyar - Bali. Pura ini merupakan tempat bersejarah karena di beberapa bangunan di pura ini salah satunya didirikan istana kepresidenan yang di bangun pada masa pemerintahan Soekarno di Indonesia.

Nama Pura Tirta Empul di ambil dari sumber mata air yang dinamakan Tirta Empul yang apa bila diartikan adalah sebuah air yang menyembur dari tanah.  Jadi Tirta Empul adalah air suci yang menyembur keluar dari dalam tanah ( Mata air suci ).

Seperti halnya pura-pura lain di bali, Pura Tirta Empul di bagi menjadi 3 bagian yakni Nista Mandala adalah bagian paling luar pura yang bisa juga disebut 'jabe sisi', Madya Mandala adalah bagian tengah pura setelah Nista Mandala yang biasa juga disebut 'jabe tengah' dan yang terakhir adalah Utama Mandala adalah bagian utama dari pura yang biasa disebut dengan 'jeroan'.

Pada bagian Madya Mandala inilah terdapat sebuah kolam persegi panjang yang memiliki kurang lebih 30 buah pancuran yang berjejer dari timur ke barat dan menghadap ke selatan. Kolam di Pura Tirta Empul ini lebih mirib seperti Kolam Pemandian Air Panas Banjar Di Buleleng (Bali Utara), namun bedanya adalah pancuran di Kolam Air Panas Banjar berbentuk kepala naga namun jika di Pura Tirta Empul ini pancurannya lebih mirib seperti cangkang keong.

Menurut masyarakat sekitar, setiap pancuran di kolam tirta empul ini memiliki nama tersendiri, diantaranya adalah Pancuran Penglukatan, Pancuran Pembersian, Pancuran Sudamala dan Pancuran Cetik (Racun). Anda para wisatawan diperbolehkan untuk ikut menyucikan diri di kolam pancuran ini, syarat utamanya adalah Anda harus menggunakan 'kamen', sebuah kain yang di ikatkan di pinggang yang lebih mirib dengan rok panjang. Kamen ini adalah sebuah sarana persembahyangan yang dipakai umat hindu untuk dapat memasuki pelataran sebuah pura.

Air yang di pancurkan oleh pancuran ini cukup dingin dan segar, karena air ini baru saja muncul dari sumber mata air tanah.

PURA TIRTA EMPUL TAMPAKSIRING PURA TIRTA EMPUL TAMPAKSIRING PURA TIRTA EMPUL TAMPAKSIRING PURA TIRTA EMPUL TAMPAKSIRING


Anda telah membaca artikel berjudul Pura Tirta Empul Tampaksiring. Semoga informasi ini bermanfaat.

Bagi Anda yang membutuhkan Jasa Transportasi Murah di Bali, kami menyediakan Layanan Transportasi dengan armada kendaraan yang handal dan driver berpengalaman. Kami siap dengan pelayanan terbaik demi kepuasan dan kenyamanan perjalanan Anda. Info Selengkapnya Baca Disini!.. atau hubungi Contact Person Putu HP. 0812-4657-8379 | 0813-3891-4348.

Terima kasih atas kunjungan Anda... Jangan lupa kunjungi website kami yang lain:
d'Cintya Collection Bali | Toko Online Baju Bali Murah
Ganesha Flora Bali | Jual Aneka Tanaman Hias, Alat dan Media Tanam



« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »