Home » , » TAMAN BUDAYA ART CENTER - Pusat Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB)

TAMAN BUDAYA ART CENTER - Pusat Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB)

Taman Budaya Art Center - Pusat Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali

Taman Budaya terletak di Jalan Nusa Indah kurang lebih 2 km kearah timur dari pusat kota Denpasar. Taman Budaya awalnya merupakan sebuah Proyek Pengembangan Pusat Kesenian Bali di Denpasar yang dibentuk pada tahun 1969 bertujuan untuk melestarikan kekayaan seni budaya daerah Bali. Proyek ini merupakan gagasan dari almarhum Prof. Dr. Ida Bagus Mantra yang kemudian memberikan mandat kepada seorang arsitektur terkemuka Ida Bagus Tugur untuk membangun kawasan ini.

Kawasan Taman Budaya yang dibelah sebuah sungai dari timur ke barat ini dibagi menjadi 3 bagian, antara lain:

1). Lokasi Suci / Tenang, meliputi Gedung Perpustakaan Widya Kusuma, Pura Taman Beji, Bale Selonding, Bale Pepaosan Amertha Saraswati, dan Kalangan Ayodya.

2). Lokasi Setengah Ramai, meliputi area anak-anak, Bale Gili, Bale Kambang, Jembatan Gajah Mina, Gedung Pameran Utama Mahudara Mandhara Giri Bhuvana, Gedung Krya Sembrani Occaihcrawa, Kalangan Krya Mandala, Bale Wantilan, Patung Kumbakarna Karebut, Studio Patung, Studio Melukis, dan Wisma Seniman.

3). Lokasi Ramai, meliputi Kalangan Angsoka, Kalangan Ratna Kandha, Panggung Terbuka Ardhacandra, Panggung Tertutup Ksirarnawa, Kalangan Madia Mandala, Ruang Rapat dan Kafetaria.

Taman Budaya (Art Centre) senantiasa digunakan sebagai pusat penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) setiap tahunnya pada pertengahan bulan Juni s/d Juli.

Taman Budaya Art Center - Pusat Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali

Pesta kesenian Bali (PKB) / Bali art festival dimulai sejak tahun 1979. Pembukaan PKB biasanya dilaksanakan di depan Monumen Bajra Sandhi oleh Presiden RI atau pejabat setingkat menteri setiap tahunnya.

Pesta kesenian Bali diikuti oleh seluruh kabupaten di Bali dengan mempertontonkan parade seni yang menjadi ciri khas masing – masing kabupaten, baik jenis gambelan, pakaian khas daerah, ataupun aneka kerajinan.

Selain diikuti oleh seluruh Kabupaten di Bali, acara Bali art festival ini juga mendapat partisipasi dari negara lain seperti Jepang, Tiongkok maupun Negara Korea. Jadi Anda jangan sampai melewatkan pesta kesenian Bali yang diadakan setiap tahun ini. Kapan lagi Anda dapat menyaksikan berbagai pertunjukan kesenian secara gratis setiap hari kalau bukan di Pesta Kesenian Bali.

Lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan domenstik maupun manca negara selain untuk melihat pertunjukan kesenian, melihat keindahan bangunan khas Bali dengan berbagai bentuk patung dan ukiran yang memukau, juga sering digunakan sebagai lokasi pengambilan foto pre-wedding.

Anda telah membaca artikel berjudul TAMAN BUDAYA ART CENTER - Pusat Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB). Semoga informasi ini bermanfaat.

Bagi Anda yang membutuhkan Jasa Transportasi Murah di Bali, kami menyediakan Layanan Transportasi dengan armada kendaraan yang handal dan driver berpengalaman. Kami siap dengan pelayanan terbaik demi kepuasan dan kenyamanan perjalanan Anda. Info Selengkapnya Baca Disini!.. atau hubungi Contact Person Putu HP. 0812-4657-8379 | 0813-3891-4348.

Terima kasih atas kunjungan Anda... Jangan lupa kunjungi website kami yang lain:
d'Cintya Collection Bali | Toko Online Baju Bali Murah
Ganesha Flora Bali | Jual Aneka Tanaman Hias, Alat dan Media Tanam



« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar