Home » , , , » Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

PURA ULUN DANU BERATAN - BEDUGUL

Pura Ulun Danu Beratan adalah Kuil Hindu Bali yang terletak di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan, berjarak sekitar 50 km dari kota Denpasar. Lokasi Pura terletak di tepi Danau Beratan di daerah dataran tinggi dengan suasana yang sejuk dan panorama alam perbukitan yang indah.

Di sisi utara pura ini adalah Gunung Pucak Sangkur, di sebelah timur ada Gunung Pucak Mangu atau Pucak Pangelengan, di sisi selatan ada Gunung Terate Bang dan di sisi Barat ada Gunung Tapak dan Gunung Watukaru.

Berdasarkan data arkeologi dan data sejarah yang terdapat dalam lontar Babad Mengwi disebutkan bahwa di depan halaman sebelah kiri dari pura Ulun Danu Beratan terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas Babaturan (teras). Bisa diperkirakan bahwa lokasi di mana Pura Ulun Danu Beratan terdiri, telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak jaman megalitik.

Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 komplek pura yaitu:
1. Pura Lingga Petak memiliki fungsi untuk menyembah Siwa.
2. Pura Penataran Pucak Mangu didirikan untuk menyembah Bhatara Hyang Danawa atau Wisnu.
3. Pura Terate Bang berfungsi untuk menyembah Brahma.
4. Pura Dalem Purwa berfungsi untuk menyembah Dewi Laksmi.

Pelaksanaan upacara di pura di Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari dua jenis yaitu:

1. Upacara Pura / Piodalan yang dilaksanakan setiap enam bulan (210 hari) pada Anggara (Selasa) Kliwon Julungwangi (Berdasarkan kalender Hindu Bali). Dan setiap 12 bulan (420 hari) diadakan upacara besar yang disebut-Piodalan Agung

2. Upacara Pakelem dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan situasi dan kondisi. Upacara Pakelem memiliki fungsi untuk memohon keselamatan dan memanjatkan puji syukur yang tak terbatas atas kehidupan, kesuburan, kemakmuran, sebagai dampak dari adanya keseimbangan ekosistem yang memberikan manfaat bagi kehidupan hidup dan alam semesta.

Pura Ulun Danu Beratan ini terbuka untuk kunjungan wisatawan. Bagi Anda yang berlibur di Bali, jangan lupa mengunjungi obyek wisata yang satu ini, Bali Trip Organizer menyediakan informasi Jasa Transport / Sewa Kendaran, Akomodasi, dll yang Anda butuhkan.

PURA ULUN DANU BERATAN - BEDUGUL PURA ULUN DANU BERATAN - BEDUGUL PURA ULUN DANU BERATAN - BEDUGUL PURA ULUN DANU BERATAN - BEDUGUL


Anda telah membaca artikel berjudul Pura Ulun Danu Beratan Bedugul. Semoga informasi ini bermanfaat.

Bagi Anda yang membutuhkan Jasa Transportasi Murah di Bali, kami menyediakan Layanan Transportasi dengan armada kendaraan yang handal dan driver berpengalaman. Kami siap dengan pelayanan terbaik demi kepuasan dan kenyamanan perjalanan Anda. Info Selengkapnya Baca Disini!.. atau hubungi Contact Person Putu HP. 0812-4657-8379 | 0813-3891-4348.

Terima kasih atas kunjungan Anda... Jangan lupa kunjungi website kami yang lain:
d'Cintya Collection Bali | Toko Online Baju Bali Murah
Ganesha Flora Bali | Jual Aneka Tanaman Hias, Alat dan Media Tanam



« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »