Home » , » Desa Adat Penglipuran Bangli

Desa Adat Penglipuran Bangli

DESA ADAT PENGLIPURAN BANGLI

Desa Penglipuran yang berlokasi di kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli merupakan Desa Adat Bali yang sangat kental dengan kerukunan dan kebersamaan.

Menurut masyarakat sekitar, kata penglipuran diambil dari kata Pengeling Pura yang memiliki makna tempat suci yang ditujukan untuk mengenang para leluhur. Masyarakat yang tinggal di desa ini sangat menjunjung tinggi amanat dari para leluhur mereka, terbukti dari terbentuknya Desa Penglipuran yang sangat mengutamakan kerukunan dengan ciri khas yang sangat menonjol dari desa ini adalah arsitektur bangunan tradisional yang rata-rata memiliki arsitektur yang sama persis dari ujung desa ke ujung lainnya.

Keunikan ini membuat Desa Penglipuran sangat indah dengan kesimetrisan yang amat tertata rapi antara rumah satu dengan rumah lainnya. Pintu gerbang di setiap rumah saling berhadapan satu sama lain yang hanya di batasi oleh jalan utama kecil di tengahnya yang mengarah pada bagian utama desa yang berada di puncak paling tinggi. Pintu gerbang ini juga memiliki arsitektur yang sama.

Memasuki kawasan Desa Penglipuran, Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Kendaraan Anda bisa diparkir di sebuah lahan parkir yang cukup luas dan berada tidak jauh dari kawasan wisata Desa Penglipuran.

Pertama memasuki kawasan desa ini, Anda akan disuguhkan suasana yang amat sejuk dan segar, itu karena kawasan ini berada 700 meter diatas permukaan air laut. Selain karena itu, desa ini sejuk dikarenakan tidak ditemukannya polusi yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor di kawasan Desa Penglipuran. Luas keseluruhan desa ini sekitar 112 Hektar, tidak terlalu lelah jika Anda menelusuri desa ini dengan berjalan kaki sambil menikmati keindahan sekeliling desa.

Di sekitar pintu gerbang masuk desa terdapat area yang dinamakan catus pata yang merupakan area yang terdiri dari balai desa, fasilitas masyarakat, dan ruang terbuka hijau berupa taman nan asri

Di sekitaran jalan utama desa ini, Anda tidak akan menemukan sampah yang berserakan yang mengotori tempat ini walaupun banyak pepohonan yang tumbuh disekitaran jalan. Justru sebaliknya, jalanan ini sangatlah bersih. Jadi jika Anda berniat membuang sampah di kawasan ini, berfikirlah seribu kali untuk melakukannya. Selain itu disetiap sudut desa ini akan ada banyak bak sampah yang disediakan untuk menampung sampah.

Jika Anda ingin berwisata ke desa ini, ada baiknya Anda berwisata dekat-dekat Hari Raya Galungan. Ketika itu, Anda akan melihat jejeran penjor (Sarana umat hindu berupa pohon bambu panjang yang dihiasi) yang ditancap didepan setiap rumah di desa ini.

Penataan fisik dari desa ini sudah diwariskan secara turun temurun oleh para leluhur mereka, masyarakat di Desa Penglipuran selalu memegang teguh filsafat Bali yang disebut dengan falsafah "Tri Hitakarana". Falsafah ini mengajarkan kita untuk selalu mengharmoniskan hubungan antara Manusia dengan Sesama, Manusia dengan Lingkungan, dan Manusia dengan Tuhan.

DESA ADAT PENGLIPURAN BANGLI DESA ADAT PENGLIPURAN BANGLI DESA ADAT PENGLIPURAN BANGLI DESA ADAT PENGLIPURAN BANGLI


Anda telah membaca artikel berjudul Desa Adat Penglipuran Bangli. Semoga informasi ini bermanfaat.

Bagi Anda yang membutuhkan Jasa Transportasi Murah di Bali, kami menyediakan Layanan Transportasi dengan armada kendaraan yang handal dan driver berpengalaman. Kami siap dengan pelayanan terbaik demi kepuasan dan kenyamanan perjalanan Anda. Info Selengkapnya Baca Disini!.. atau hubungi Contact Person Putu HP. 0812-4657-8379 | 0813-3891-4348.

Terima kasih atas kunjungan Anda... Jangan lupa kunjungi website kami yang lain:
d'Cintya Collection Bali | Toko Online Baju Bali Murah
Ganesha Flora Bali | Jual Aneka Tanaman Hias, Alat dan Media Tanam



« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »